Asyik, Sekarang Google Meet Terhubung dengan Platform Pendidikan

- Redaksi

Thursday, 15 February 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

foto dari i-stock

foto dari i-stock

KanalRakyat – Pendidikan di era sekarang memang lebih banyak memanfaatkan teknologi internet. Materi ajar, pengerjaan tugas sekolah, bahkan presensi kelas juga memanfaatkan internet.

Salah satu yang kerap digunakan dalam dunia pendidikan adalah Google Meet dan Classroom. Selain mempermudah pembelajaran, aplikasi ini banyak dilirik untuk mendukung dunia pendidikan.

Sekarang, kabar terbarunya Google Meet dan Classroom sudah dapat dihubungkan dengan platform lainnya. Platform pendidikan lainnya, seperti Canvas dan PowerSchool Schoology Learning. Hal ini memudahkan siswa dan guru melakukan pertemuan secara daring secara langsung melalui kedua platform tersebut.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berdasarkan informasi, guru yang menggunakan Canvas telah menggunakan Google Assignments LTI 1.3. Ternyata, kini Google sudah bekerja sama dengan PowerSchool Schoology Learning untuk membuat Assignments LTI 1.3 agar tersedia di Learning Management System.

Dengan demikian, para guru dapat lebih mudah dalam mendistribusikan tugas, menganalisis hasil belajar siswa, juga memberikan penilaian tugas secara lebih mudah dan efisien. Bagi pengguna Chromebook, juga dapat mengakses langsung Google Classroom melalui layar utama.

Baca Juga :  4 Cara Menghindari Kejahatan Seksual Saat Travelling

Keuntungan bagi para siswa adalah mereka dapat lebih mudah melihat tugas secara langsung. Selain itu, siswa juga dapat memulai waktu belajar dengan lebih cepat.

Diketahui, Classroom juga terintegrasi dengan mitra sistem informasi siswa (SIS) One Roster. Hal ini memungkinkan para guru untuk melakukan ekspor nilai ke buku nilai SIS. Guru juga dapat mengatur kelas dengan mitra One Roster lainnya, seperti Aspen, infinite Campus, Skyward, dan juga PowerSchool.

Dengan adanya hal tersebut maka waktu pengerjaan tugas administrasi menjadi lebih singkat sehingga para guru dapat lebih fokus pada proses belajar dan mengajar.

Baca Juga :  Bagaimana Kualitas Pendidikan di Indonesia Dapat Meningkat?

Selain itu, App Hub dengan lebih dari 10 bahasa akan mulai tersedia dalam waktu dekat. Guru dapat melihat aplikasi, add-on, dan juga sistem informasi siswa yang terintegrasi dengan Chromebook dan Workspace.

Dalam program lisensi aplikasi Google yang baru akan memunculkan jitra kerja sama, seperti Bloxels, Padlet, ThinkLink, Snap Type, dan Texthelp. Hal ini tentu akan mempermudah admin dalam mengelola dan menyediakan aplikasi pilihan yang dapat diatur langsung melalui konsol Google admin.

Berita Terkait

Bagaimana Kualitas Pendidikan di Indonesia Dapat Meningkat?
Ingin Kuliah Gratis? Cek Syarat Dapat KIP SNBP Tahun 2024
4 Cara Menghindari Kejahatan Seksual Saat Travelling
Berita ini 9 kali dibaca

Berita Terkait

Thursday, 15 February 2024 - 13:26 WIB

Asyik, Sekarang Google Meet Terhubung dengan Platform Pendidikan

Monday, 12 February 2024 - 13:34 WIB

Bagaimana Kualitas Pendidikan di Indonesia Dapat Meningkat?

Monday, 12 February 2024 - 13:29 WIB

Ingin Kuliah Gratis? Cek Syarat Dapat KIP SNBP Tahun 2024

Sunday, 4 February 2024 - 22:43 WIB

4 Cara Menghindari Kejahatan Seksual Saat Travelling

Berita Terbaru

Berita

Video Profil Rutan Kelas IIB Kandangan

Friday, 29 Mar 2024 - 07:12 WIB

Berita

Link Video Paparan ZI Rutan Kelas IIB Kandangan

Friday, 29 Mar 2024 - 06:53 WIB

Hiburan

Malangnya Alice Norin Didiagnosa Kanker Sarkoma

Monday, 19 Feb 2024 - 00:00 WIB

Hiburan

Anak Artis Tamara Tyasmara (Dante) Ternyata Takut Berenang

Sunday, 18 Feb 2024 - 00:00 WIB