Biasa Tidur dengan Kipas Angin? Ternyata Berbahaya Lho

- Redaksi

Thursday, 15 February 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KanalRakyat РTidur dengan menghadap kipas angin langsung ternyata berbahaya lho. Mengapa demikian? Kebiasaan orang memanfaatkan kipas angin terus-menerus untuk mendinginkan suhu panas sudah sering dilakukan. Namun siapa sangka tidur dengan kipas angin ternyata dapat mengganggu kesehatan.

Pernahkah Anda merasakan badan pegal, demam, flu, hingga sakit tenggorokan selepas bangun tidur? Apalagi, setelah Anda semalaman tidur dengan menggunakan kipas angin? Penggunaan kipas angin secara terus-menerus selama tidur rupanya bisa menjadi penyebabnya.

Secara sederhana, sebenarnya sah-sah saja ketika Anda merasa gerah dan ingin mendinginkan suhu dengan menggunakan kipas angin. Akan tetapi, selalu pastikan kebersihan kipas angin milik Anda. Pastikan bahwa kipas angin selalu dalam kondisi bersih.

Sebenarnya, bukan karena penggunaan kipas anginnya yang berbahaya. Akan tetapi, jika sampai kipas angin dalam kondisi kotor dan berdebu maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Debu yang masuk ke pernapasan akan berbahaya dan mengganggu kesehatan. Terlebih lagi bagi orang yang mengidap alergi debu. Bisa jadi orang tersebut akan bersin-bersin dan parahnya lagi bisa mengalami sesak napas.

Dikutip dari dokter spesialis pulmonologi (paru) de. Eva Sri Diana mengungkapkan bahwa sebaiknya kipas angin harus rajin dibersihkan. Dengan demikian, debu tidak akan menumpuk dan terhirup oleh hidung sehingga dapat mengganggu sistem pernapasan.

Selain harus memastikan debu dari kipas angin dibersihkan. Perhatikan jarak antara kipas angin dari wajah dan tubuh ketika tidur. Berbahaya tidur dengan posisi kipas angin terlalu dekat dengan wajah dan tubuh dalam jangka waktu lama dan angin yang kencang.

Baca Juga :  Tips Jago Publik Speaking Tanpa Takut Malu

Hindari meletakkan kipas angin dengan jarak dekat dan langsung berhadapan dengan wajah. Hal ini dapat menyebabkan pernapasan terganggu akibat tekanan udara yang tinggi.

Sebaiknya, posisikan kipas angin agak jauh dari tempat tidur. Hal yang penting kipas angin dapat menghalau udara panas dalam ruangan dan bukan mendinginkan tubuh secara langsung.

Jika diabaikan, Anda bisa mengalami ketidaknyamanan pada tubuh. Seperti contohnya masuk angin, sakit kepala, hingga batuk akut. Maka, pastikan Anda meminimalisir penggunaan kipas angin atau menjauhkan kipas angin agar angin tidak langsung mengenai wajah dan tubuh Anda.

Berita Terkait

4 Tips Memilih Facial Wash Yang Cocok Untuk Kulit
4 Hal Yang Perlu Dilakukan Di Usia 30 Tahun Untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Tips Jago Publik Speaking Tanpa Takut Malu
PMR SMP Negeri 1 Jember Simulasikan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Thursday, 15 February 2024 - 13:43 WIB

Biasa Tidur dengan Kipas Angin? Ternyata Berbahaya Lho

Saturday, 3 February 2024 - 21:40 WIB

4 Tips Memilih Facial Wash Yang Cocok Untuk Kulit

Saturday, 3 February 2024 - 21:12 WIB

4 Hal Yang Perlu Dilakukan Di Usia 30 Tahun Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Saturday, 3 February 2024 - 20:57 WIB

Tips Jago Publik Speaking Tanpa Takut Malu

Tuesday, 18 July 2023 - 03:58 WIB

PMR SMP Negeri 1 Jember Simulasikan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Berita Terbaru

Berita

Video Profil Rutan Kelas IIB Kandangan

Friday, 29 Mar 2024 - 07:12 WIB

Berita

Link Video Paparan ZI Rutan Kelas IIB Kandangan

Friday, 29 Mar 2024 - 06:53 WIB

Hiburan

Malangnya Alice Norin Didiagnosa Kanker Sarkoma

Monday, 19 Feb 2024 - 00:00 WIB

Hiburan

Anak Artis Tamara Tyasmara (Dante) Ternyata Takut Berenang

Sunday, 18 Feb 2024 - 00:00 WIB